From Surabaya Toys Community to Alang-alang Members

0
930

Kamis sore, 10 Juli 2015 ada yang istimewa di sanggar “Alang Alang”, belakang teriminal Joyoboyo, Surabaya. Saya bergegas ke sana, karena diundang teman-teman komunitas Surabaya Toys Community untuk ikut acara ‘Buka Bersama’ dan ‘Bakti Sosial.’ Seperti biasa, saya siap-siap dengan boneka saya, ‘Profesor Ling Lung’, untuk membawakan dongeng / cerita bagi anak-anak.

Acara dimulai jam 17.00, tapi pukul 16.30 waktu saya sampai di sana, sudah berkumpul anak-anak di karpet yang digelar, dan teman-teman dari STC sudah datang. Kami beramah tamah, mendengarkan dialog dari STC dan pengurus Yayasan Alang-alang. Dinyatakan bagaimana perjuangan pendiri Yayasan itu untuk menampung anak-anak yang biasa ‘bekerja’ di jalan, dengan memberikan fasilitas pendidikan, menyekolahkan mereka, mencarikan dana untuk anak-anak itu, serta memberikan pelatihan berbagai keterampilan. Tujuan utamanya adalah supaya anak-anak tersebut tidak perlu lagi bekerja di jalanan.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab berhadiah. MC (mas Aditya) memberikan petanyaan-pertanyaan kepada siapa yang bisa menjawab, dan jika jawaban benar, akan diberi hadiah mainan berbentuk figur aksi dan lain-lain.

Oh ya, sebelum acara ini dilaksanakan, beberapa minggu sebelumnya rekan-rekan di STC mengadakan LELANG MAINAN / TOYS untuk mensupport acara ini.

Saat tiba untuk berbuka, maka anak-anak dan pengurus dan teman-teman sholat berjamaah pun melakukan berbuka puasa. Nasi bungkus dibagikan dan disantap dengan nikmat, sebelumnya diawali dengan es teh gelas.

15072015_STC-02

15072015_STC-03

Saya diberi waktu untuk mendongeng, tapi karena mereka sedang makan, saya ganti dengan ‘dongeng kisah saya sendiri waktu kecil, hidup di jaman belum ada televisi berwarna dan mainan-mainan hebat seperti hari ini.”

Setelah makanan selesai, acara selanjutnya adalah ‘LOMBA LEGO’, dimana tiap kelompok (2-3 orang anak) diberikan satu papan / base untuk dijadikan dasar LEGO yang mereka bentuk. Temanya adalah alat transportasi. Berebutlah mereka menyerbu 2 (dua) box besar berisi LEGO. Sekitar 45 menit mereka berjuang untuk membentuk LEGO tersebut menjadi alat transportasi. Ada 15 hasil yang harus dinilai para juri, akhirnya terpilih juara 1 dan 2, dan mendapatkan hadiah dari tim STC.

15072015_STC-04

Terakhir, STC menyerahkan bantuan sembako yang diterima oleh ibu pengurus.

Kami pun meninggalkan tempat itu, dengan suatu semangat untuk terus berbuat bagi anak-anak itu, di waktu-waktu yang akan datang, dan kami saling mendoakan supaya apa yang kita lakukan tetap mendapat restu dari TUHAN YANG MAHA ESA. (Yosafat Agus Suryono).

15072015_STC-05