10 Film Popular Dengan Jarak Sekuel Terlama

0
543

Independence Day: Resurgence akhirnya tayang di layar lebar. Setelah 20 tahun, Fox akhirnya merilis sekuel dari film fenomenal yang rilis tahun 1996 silam. Sebuah waktu yang cukup lama untuk membuat sebuah sekuel. beberapa waktu yang lalu, dunia hiburan tanah air juga sempat riuh dengan rilisnya film Ada Apa Dengan Cinta? 2. Bagaimana tidak, meski mendapat desakan dari banyak pihak, Mira Lesmana butuh waktu 14 tahun untuk membuat sekuel AADC, film sukses yang juga merupakan tonggak bangkitnya industri perfilman Indonesia setelah lama tertidur.

Bicara tentang film dengan jeda sekuel yang lama, bukan cuma AADC?2 dan Independence Day: Resurgence, yang memiliki jeda waktu yang lama. Kali ini Heroes Among Us akan mengajakmu untuk menyimak 10 film dengan jarak sekuel terlama. Bahkan, beberapa diantaranya memiliki jeda waktu yang sangat lama. Apa saja film-film tersebut? Berikut ulasannya:

Toy-Story-3

10. Toy Story 3
Rilis: 18 Juni 2010
Jarak Sekuel: 10 Tahun

Menunggu satu dekade sepertinya bukan hal yang sia-sia. Toy Story 3 berhasil mendapat banyak prestasi, tidak hanya respon yang sangat positif dari para kritikus film, namun pendapatan film ini pun mampu mengungguli dua film sebelumnya. Bahkan, film ini mampu memperoleh pendapatan terbesar, dari semua film produksi Pixar. Tidak hanya itu, Toy Story 3 berada diurutan pertama sebagai film animasi dengan pendapatan terbesar sepanjang masa, pada waktu itu. Sebelum akhirnya, dikalahkan oleh Frozen di tahun 2013.

Terminator-Genisys

9. Terminator Genisys
Rilis: 1 Juli 2015
Jarak Sekuel: 12 Tahun

Berbeda dengan film sebelumnya, Terminator Salvation (2009), dimana dia hanya tampil sebagaicameo dalam bentuk CGI. Arnold Schwarzenegger  akhirnya kembali memainkan peran ikoniknya di seri terbaru ini. Sayangnya, pendapatan film ini masih belum bisa mengalahkan film keduanya,Terminator 2: Judgment Day yang dirilis tahun 1991 silam.

Live-Free-or-Die-Hard

8.  Live Free or Die Hard
Rilis: 2 Juni 2007
Jarak Sekuel: 12 Tahun

Bukan film Terminator kalau tidak ada Arnold Schwarzenegger, begitu juga Die Hard tanpa kehadiran Bruce Willis. Untuk keempat kalinya, aktor kawakan tersebut berperan sebagai John McClane. Perlu waktu 12 tahun sebelum pihak studio akhirnya membuat film keempatnya. Namun hanya perlu waktu 6 tahun saja, untuk film tersebut berlanjut ke A Good Day to Die Hard (2013).

Jurassic-World

7. Jurassic World
Rilis: 12 Juni 2015
Jarak Sekuel: 13 Tahun

Nama Jurassic Park memang sudah tidak asing ditelinga kita. Film besutan sutradara hebat, Steven Spielberg ini langsung mencuri perhatian pononton sejak pertama kali filmnya rilis. Film pertamanya bahkan berhasil menyabet banyak piala, dibanyak ajang perngharagaan. Salah satunya adalah, tiga piala Academy Awards dalam kategori Best Sound Editing, Best Sound Mixing, dan Best Visual Effects. Sayangnya film ketiganya, Jurassic Park III, justru mengalami penurunan dan tidak sesukses dua film pertamanya.

Namun pihak studio sepertinya masih belum menyerah dengan franchise ini. Terbukti, setelah 13 tahun, akhirnya dirilis film keempatnya yang diberi judul Jurassic World. Tidak disangka, Jurassic World justru melesat jauh dari tiga film pendahulunya, bahkan berhasil mengalahkan film The Avengers (2012), dan mencuri posisi ketiga film terlaris sepanjang masa. Sebelum akhirnya, mundur ke posisi keempat setelah dikalahkan Star Wars: The Force Awakens (2015). Dengan suksesnya Jurassic World, pihak studio pun telah mengumumkan akan membuat sekuelnya dengan kembali memasang Chris Pratt dan Bryce Dallas Howard sebagai tokoh utamanya. Tapi tentang kapan sekuel tersebut akan dirilis, pihak studio masih merahasiakannya.

Ada-Apa-Dengan-Cinta-2

6. Ada Apa Dengan Cinta? 2
Rilis: 28 April 2016
Jarak Sekuel: 14 Tahun

Tak lengkap rasanya kalau tidak memasukkan Ada Apa Dengan Cinta? 2. Setelah 14 tahun, akhirnya kita bisa melihat kelanjutan kisah cinta antara Cinta (Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra). Diputar serentak di tiga negara, Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam,Ada Apa Dengan Cinta? 2 berhasil mengobati kerinduan para penggemar.

Superman-Returns

5. Superman Returns
Rilis: 28 Juni 2006
Jarak Sekuel: 18 Tahun

Urutan kelima diduduki oleh Superman Returns. Demi menyutradarai film ini, Bryan Singer yang juga adalah penggemar Superman, rela meninggalkan X-Men: The Last Stand (2006), yang waktu itu di set sebagai film penutup dari trilogi X-Men. Aktor utamanya, Brandon Routh, juga berhasil menyingkirkan Henry Cavill dalam proses audisi.

Meski filmnya mendapat respon yang positif dari para kritikus, namun sepertinya tidak berjalan lurus dengan para penggemar Superman. Rencana sekuelnya pun batal untuk dilanjutkan. Hingga 2013 kemarin, WarnerBros. me-reboot-nya dalam Man of Steel dan memasang Henry Cavill sebagai tokoh utamanya. Universe-nya pun semakin dikembangkan dengan mempertemukan Superman dengan Batman dan Wonder Woman dalam Batman v Superman: Dawn of Justice(2016). Tidak berhenti disitu, pihak studio pun akan kembali mempertemukan mereka bersama Cyborg, Flash dan juga Aquaman dalam The Justice League Part One pada 17 November 2017 mendatang.

Indiana-Jones-and-the-Kingdom-of-the-Crystal-Skull

4. Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull
Rilis: 22 Mei 2008
Jarak Sekuel: 18 Tahun

Selanjutnya ada film keempat Indiana Jones, Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull. Kali ini Indiana Jones (Harrison Ford) dipertemukan dengan anaknya, Mutt Williams, yang sudah beranjak dewasa. Peran Mutt Williams pun diserahkan kepada Shia LaBeouf, yang saat itu mulai naik daun setelah film Transformers (2007) yang dibintanginya meraih sukses besar.

Beberapa waktu yang lalu, The Walt Disney Studios mengumumkan bahwa mereka akan membuat film kelimanya dengan kembali mempertemukan Harrison Ford dengan sutradara Steven Spielberg. Meski belum ada judul resminya, namun pihak studio telah menjadwalkan film ini untuk rilis pada 19 Juli 2019.

Independence-Day-Resurgence

3. Independence Day: Resurgence
Rilis: 24 Juni 2016
Jarak Sekuel: 20 Tahun

Untuk para penggemar film, tentunya sudah tidak asing dengan film Independence Day. Bagi saya, ini merupakan film tentang invasi alien terbaik yang pernah dibuat. Dan ternyata perlu waktu dua dekade untuk alien tersebut datang lagi ke Bumi dan membalas dendam atas kekalahan mereka di tahun 1996. Selain aktor Will Smith, semua pemain dari film pertama kembali bermain disini. Selain itu, cerita yang disajikan pun menarik. Sayang, film kedua ini masih belum mampu menyamai kesuksesan film pertamanya. Mungkinkah setelah ini akan ada Independence Day 3?

Mad-Max-Fury-Road

2. Mad Max: Fury Road
Rilis: 15 Mei 2015
Jarak Sekuel: 29 Tahun

Kalau Twentieth Century Fox perlu waktu dua dekade untuk merilis sekuel film Independence Day, Warner Bros. Pictures perlu waktu hampir tiga dekade untuk membuat sekuel dari Mad Max. Tidak sia-sia, Mad Max: Fury Road menyabet enam piala Oscar dalam kategori Best Production Design, Best Film Editing, Best Costume Design, Best Makeup, Best Sound Editing, dan Best Sound Mixing. Tidak hanya itu, film ini juga mengumpulan puluhan piala lain dari berbagai ajang penghargaan.

Star-Wars-The-Force-Awakens

1. Star Wars: The Force Awakens
Rilis: 18 Desember 2015
Jarak Sekuel: 32 Tahun

Posisi pertama diduduki oleh Star Wars: The Force Awakens. Setelah trilogi pertamanya, A New Hope (1977), The Empire Strikes Back (1980), dan Return of the Jedi (1983), Lucas Film lebih memilih untuk membuat trilogi baru yang merupakan prekuel: The Phantom Menace (1999),Attack of the Clones (2002) dan Revenge of the Sith (2005).  Baru setelah Disney membeli Lucas Film di tahun 2012, akhirnya tahun lalu kita bisa melihat sekuel dari The Empire Strikes Back.

The Force Awakens merupakan film pertama dari trilogi baru Star Wars. Sedangkan dua film selanjutnya, Star Wars: Episode VIII dijadwalkan rilis pada 15 Desember 2017 dan Star Wars: Episode IX pada 24 Mei 2019.

Tidak hanya itu, Disney juga akan merilis Rogue One: A Star Wars Story pada 16 Desember 2016 nanti. Film ini mengambil setting waktu antara Revenge of the Sith dan A New Hope, dan mengajak kita melihat cerita dibalik perjuangan kelompok rebellion, yang mencoba menggagalkan rencana Galactic Empire untuk membangun senjata pemusnah mereka, Death Star.  Meski tidak ada di trailernya, besar kemungkinan kita akan melihat kembali Darth Vader dalam film ini nanti.